Training ESQ Anggota DPR-RI

Seperti direncanakan sebelumnya, pelatihan ESQ bagi anggota DPR dan DPD RI periode 2009-2014 dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (28-29/11). Hadir dalam pembukaan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Mangindaan, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso, Ketua DPD Irman Gusman, Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saifuddin & Melani Leimena Suharli, dan masih banyak lagi tokoh lainnya.

Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, Alumni ESQ angkatan 84 juga datang di hari pertama pelatihan yang bertempat di Gedung Menara 165 ini. Training yang khusus diberikan secara cuma-cuma ini dihadiri sebanyak 119 peserta dari berbagai fraksi, daerah, dan wartawan dari beberapa media massa.

Ketua DPR Marzuki Alie sela­ku inisiator terlaksananya training ESQ ini, dalam konferensi pers me­ngatakan. “Ini baru tahap awal dan nanti akan diikuti semua ang­gota dewan. Terimakasih untuk ESQ dan Pak Ary yang luar biasa memberikan training secara gra­tis bagi anggota DPR dan DPD, agar kami dapat dipercaya rakyat, kredibel, responsif, aspi­ratif, dan menyatukan visi dari beragam par­tai. ESQ dengan ca­ra yang universal memberikan pe­latihan untuk melakukan peru­bahan dalam mentalitas. Saya menghimbau seluruh anggota DPR untuk ikut serta bukan hanya untuk memperbaiki citra yang hanya kulit tapi memperbaiki isi.”

Ketua DPD RI Irman Gusman menyambut baik adanya training bagi anggota DPR dan DPD ini. Dalam pidato pembukaan ia me­ngatakan, “Saya menikmati dan mendapatkan manfaat dari trai­ning yang saya ikuti enam tahun yang lalu dan saya mengikuti betul kemajuan ESQ. Dengan pelatihan ESQ ini bisa dirasakan dan tentu akan menjadi modal bagi bangsa,” ungkapnya.

Ia berharap anggota dewan dapat memanfaatkan kesempatan yang langka ini. “Training ini akan memberikan nilai yang tidak terhitung dan tidak bisa diukur dengan uang sekali pun. Mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi bagi anggota dewan sebagai wakil rak­yat, lebih tawadhu, jujur, bertanggungjawab, dan lebih mengemban amanah,” katanya.

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang juga memberikan sambutan pada acara pembukaan mengatakan mengucapkan terima kasih pada ESQ yang memberikan training gratis bagi seluruh anggota Dewan. “Dengan bangga dan penuh hormat, saya menyampaikan penghargaan yang sangat tinggi kepada ESQ, metode baru memberikan kontribusi besar dalam pembangunan karakter bangsa, Indonesia emas 2020.”

Priyo yang sudah alumni ESQ sejak 3 tahun yang lalu, juga istri dan anak-anaknya, mengaku telah mengikuti berbagai macam termasuk training SDM, spiritualitas, dll, namun setelah ikut training ESQ ia terperanjat dengan metode yang merupakan terobosan baru ini. ESQ menggabungkan tiga rantai sekaligus pola pikir intelektual, emosional, dan spiritual menjadi satu kesatuan.

“Buku ESQ yang saya baca telah memberi semangat dan membangunkan macan tidur, di saat saya merasa ada yang hampa dalam hidup ini. Dengan tidak merasa digurui atau didoktrinasi tapi membuat kita mengembara dalam spiritualitas. Bukan hanya ada revolusi, inspirasi, dan sema­ngat, namun juga mampu meledak­kan potensi diri,” ujar Priyo.

Menurutnya Tujuh Budi Utama ESQ adalah esensi dari sum­pah anggota DPR pada pelantikan DPR 1 Oktober dihadapan jutaan rakyat. “ESQ akan menyetrum sum­pah kami, menyadarkan hakikat hidup, dan menggali jati diri, spiritualitas yang selama ini hilang,” ujarnya.

Dalam penutup sambutannya, Priyo memberikan apresiasi pada Pendiri ESQ Ary Ginajar. “Pak Ary nama Anda akan tertoreh dalam perjalanan bangsa sebagai seorang anak bangsa yang berjasa dalam pembangunan karakter bangsa. Orang akan selalu ingat ESQ dan DR Ary Ginanjar Agustian.”

DR. Ary Ginanjar Agustian se­bagai pendiri ESQ LC mengatakan, “Merupakan sebuah kehormatan bagi ESQ untuk berkontibusi mem­berikan secara gratis kepada komponen bangsa yang berpengaruh seperti DPR dan DPD.”

Training ESQ diharapkan men­­jadi bekal para anggota de­wan untuk memulai tugas be­rat­nya. ”Anggota DPR sejatinya bu­kan hanya wakil rakyat, tapi juga wakil Allah di muka bumi. Jadi pertanggungjawabannya bu­kan hanya kepada rakyat pemi­lihnya, tapi kepada Allah yang men­ciptakannya,” ungkap Ary Ginanjar.

‘’Ini training tingkat dasar ge­lombang pertama ungkap Ary, kami akan adakan lagi gelombang selanjutnya agar seluruh anggota DPR mendapat kesempatan mengikuti training ESQ ini, dan kami berkomitmen untuk memberikan secara gratis kepada seluruh anggota DPR dan DPD hingga tingkat keempat dalam jenjang training ESQ,” lanjut Ary.

Marzuki berjanji, walaupun angkatan ini diikuti oleh sekitar 100 anggota DPR, ia bersama dengan anggota DPR yang telah mengikuti ESQ ini akan mengajak anggota lainnya agar seluruhnya ikut training ESQ. “Memang sulit karena kami tidak mau dan tidak bisa memaksa, tapi kami ingin jika diikuti dengan penuh kesadaran dan keikhlasan maka targetnya akan tercapai,” ungkap Marzuki. Training ini diikuti anggota dewan yang bukan hanya beragama Islam namun juga Kristen, Katholik, dan Budha.• (ida, tino, joko)

From : www. esqway.com

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s